- Christine Florencia
- Rosita Nurhayati
- Taresa Pricillia (28213796)
1. Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) ukm dengan memperhatikan faktor produksi?
Jawab:
- Harus memiliki modal yang cukup
- Mempunyai tenaga kerja
- Memilih bahan dasar atau material yang terbaik
- Mempunyai metode pengembangan yang baik
- Melihat peluang usaha di masyarakat
2. Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak atau tempat!
- Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam
- Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah
- Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah
- Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi
- Lokasi/letak perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan Internasional
3. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan!
Jawab:
Setiap perusahaan baik di bidang jasa ataupun barang pasti memiliki suatu tujuan yaitu memiliki pengunjung atau konsumen yang banyak. Dengan memiliki banyak konsumen, maka secara tidak langsung perusahaan dapat memperoleh laba. Terperolehnya laba ini akan membuat perusahaan dapat mengembangkan usahanya agar menjadi perusahaan yang lebih besar lagi di kemudian hari.
4. Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan!
Jawab:
Lingkungan internal adalah lingkungan organisasi yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan.
Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan.
5. Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu perusahaan!
Jawab:
Ekologi : pencemaran udara,air,sampah
Ekonomi : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak
Sosial : kriminalitas,pengangguran
Politik : pertahanan keamanan
Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan
6. Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach!
Jawab:
Producer oriented approach adalah pandangan yang berorientasi produsen yang memang cocok pada keadaan yang disebut “seller’s market” atau “pasar penjual”. Dalam kondisi ini, produsen masih langka sehingga apa saja barang yang dihasilkan olehnya akan laku terjual dan disenangi oleh lingkungan atau masyarakat.
Costumer oriented approach adalah pandangan yang berorientasi konsumen atau biasa disebut “buyer’s market”. Dalam hal ini yang merupakan faktor yang sentral adalah masyarakat atau konsumen sedangkan pengusaha atau para bisnismen mengelilinginya untuk melayani kebutuhan kosumen secara lebih baik dan lebih sesuai dengan keinginan serta selera lingkungan itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar