Senin, 11 November 2013

Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke-2

Nama Kelompok :
  •     Christine Florencia
  •      Rosita Nurhayati
  •      Taresa Pricillia (28213796)
Kelas : 1EB21

1. Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya)  ukm dengan memperhatikan faktor produksi?
Jawab:
  • Harus memiliki modal yang cukup
Modal adalah barang-barang atau uang yang dapat digunakan untuk mendirikan serta menjalankan suatu UKM. Modal yang dimiliki perusahaan dapat diperoleh secara pribadi, dari kelompok atau dari pinjaman bank.
  • Mempunyai tenaga kerja
Tenaga kerja adalah setiap orang yang berada dalam usia kerja dan mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan jasa.
  • Memilih bahan dasar atau material yang terbaik
Material adalah sesuatu yang darinya dapat dibuat menjadi suatu benda yang lebih berdaya guna
  • Mempunyai metode pengembangan yang baik
Metode adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai suatu tujuan secara efektif dan efisien.
  • Melihat peluang usaha di masyarakat
Peluang usaha adalah sebuah peluang di sektor bisnis khususnya wirausaha yang siapa saja memiliki kesempatan yang sama untuk mencobanya.

2. Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak atau tempat!
  • Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam
Contoh: Usaha pertanian, pertambangan, perkebunan, perikanan, peternakan.
  • Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah
Contoh: usaha dodol di daerah Garut, usaha telur asin di daerah Brebes, usaha batik di daerah Jogjakarta atau Surakarta, usaha lumpia di daerah Semarang, dan usaha pempek di daerah Palembang.
  • Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah
Contoh: Penangkaran buaya, peternakan babi, usaha pembuatan senjata api, pabrik obat-obatan, pabrik bahan kimia.
  • Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi
Contoh: rumah makan yang dekat dengan konsumen, pabrik kapas yang dekat dengan perkebunan pohon kapas, pabrik rokok yang dekat dengan tenaga kerja, pabrik teh yang berada di daerah yang sejuk, pabrik mobil di tempat lancarnya transportasi.
  • Lokasi/letak perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan Internasional
Contoh: usaha eksport, usaha import, sekolah, universitas, perusahaan otomotif.

3. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan!
Jawab:
Setiap perusahaan baik di bidang jasa ataupun barang pasti memiliki suatu tujuan yaitu memiliki pengunjung atau konsumen yang banyak. Dengan memiliki banyak konsumen, maka secara tidak langsung perusahaan dapat memperoleh laba. Terperolehnya laba ini akan membuat perusahaan dapat mengembangkan usahanya agar menjadi perusahaan yang lebih besar lagi di kemudian hari.
4. Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan!
Jawab:
Lingkungan internal adalah lingkungan organisasi yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan.
Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan.

5. Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal  dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu  perusahaan!
Jawab:
Ekologi   : pencemaran udara,air,sampah
Ekonomi : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak
Sosial      : kriminalitas,pengangguran
Politik     : pertahanan keamanan
Hukum    : keputusan dan transaksi perusahaan

6. Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer  oriented approach!
Jawab:
Producer oriented approach adalah pandangan yang berorientasi produsen yang memang cocok pada keadaan yang disebut “seller’s market” atau “pasar penjual”. Dalam kondisi ini, produsen masih langka sehingga apa saja barang yang dihasilkan olehnya akan laku terjual dan disenangi oleh lingkungan atau masyarakat.
Costumer oriented approach adalah pandangan yang berorientasi konsumen atau biasa disebut “buyer’s market”. Dalam hal ini yang merupakan faktor yang sentral adalah masyarakat atau konsumen sedangkan pengusaha atau para bisnismen mengelilinginya untuk melayani kebutuhan kosumen secara lebih baik dan lebih sesuai dengan keinginan serta selera lingkungan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar