Jumat, 29 November 2013

Tulisan 1
Judul :Restoran KFC diharapan indah

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1LATAR BELAKANG

Jaman sekarang sekarang ini, bisnis restoran tergolong usaha yang menarik dan menguntungkan,setiap hari semua manusia pasti memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya. Karena itulah prospek bisnis restoran akan selalu cerah.
Supaya sebuah restoran maju dan berkembang maka restoran tersebut harus mampu membujuk pelanggannya di segmen tertentu atau segmen khusus. Harian Bisnis Indonesia mencatat, omzet bisnis restoran dengan segmen khusus tetap tumbuh 10-30% per bulan meski masyarakat belakangan ini berhati-hati membelanjakan rupiahnya sebagai dampak dari krisis global.
Beberapa pebisnis restoran berani menyebutkan bahwa laba bisnis ini sangat besar, bisa mencapai 150% atau lebih. Tentunya laba sebesar itu hanya berlaku bagi restoran-restoran yang sudah berhasil menjaring konsumen untuk menjadi pelanggan restoran tersebut dalam jumlah yang besar .
Hal itulah yang membuat usaha di bidang makanan dan minuman ini menjadi salah satu bisnis terfavorit dibanding sektor usaha lainnya, sehingga bisnis ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin mencoba peruntungannya di bisnis tersebut.
Ada yang membuka restoran dengan menggunakan merk atau nama dagang sendiri ada pula yang membeli merk restoran yang sudah terkenal dengan sistem waralaba (franchaise).

BAB 2
ISI

2.1 Sejarah dan Perkembangan Restoran KFC
KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, merek dagang. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam bucket.
Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di pom bensin miliknya pada tahun 1939 di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia (restoran pertamanya tidak menggunakan nama tersebut). Sanders menjual seluruh waralaba KFC pada tahun 1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah dijual kembali sebanyak tiga kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo, yang menggabungkannya ke dalam divisi perusahaan Tricon Global Restaurants yang sekarang dikenal sebagai Yum! Brands, Inc. Pada tahun 1997, Tricon terpisah dari PepsiCo.
Di Indonesia, pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk (IDX: FAST) yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta.
tokoh Colonel Harland Sander yang mendirikan kfc
Dalam perkembangannya,Restoran KFC mengalami beberapa kali perubahan, baik perubahan kepemilikan perusahaan.
The Secret Recipe
Selama bertahun-tahun, Kolonel Harland Sanders membawa formula rahsia untuk Kentucky Fried Chicken di kepalanya dan campuran rempah-rempah di dalam kereta. Hari ini, resep dikunci jauh di tempat yang selamat di Louisville, Kentucky. Hanya segelintir orang yang tahu, dan masing-masing bertanggungjawab untuk kerahsiaan ketat oleh kontrak.



Kolonel mengembangkan rumus kembali di tahun 1930-an ketika ia mengoperasikan Pengadilan Sanders & Cafe restoran dan motel di Corbin, Kentucky. Sana, perpaduan dari 11 bumbu dan rempah-rempah yang pertama kali dikembangkan pelanggan setia.

"Pada masa itu, aku mencampur dengan tangan rempah-rempah seperti pencampuran semen pada lantai beton yg dibersihkan khusus di beranda belakang di Corbin," kenang Kolonel. "Aku menggunakan sendok untuk membuat terowongan dalam tepung dan kemudian dicampur dengan hati-hati dalam bumbu dan rempah-rempah."
Gambar 1.2.formula pertama kfc
Gambar 1.3 logo kfc pertama kali
Pada April 2007, KFC melancarkan logo mereka ketika ini di mana Kolonel mengeluarkan kot putih untuk tukang masak merah apron. Logo baru termasuk warna lebih berani dan lebih baik ditakrifkan wajah almarhum pengasas Kentucky Fried Chicken, yang akan menjaga tali leher kupu-kupu hitam klasik, cermin mata dan janggut. Logo berubah hanya untuk keempat kalinya dalam 50 tahun, dan untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekad. Kolonel yang tersenyum adalah ciri terhadap latar belakang merah yang berpadanan dengan apron merahnya, dengan nama jenama KFC di huruf tebal hitam di bawah dagu.
Syarikat juga mula menggunakan sebutan asalnya Kentucky Fried Chicken lagi untuk bungkusan, signage, dan iklan di Amerika Syarikat sebagai sebahagian daripada program branding-semula syarikat; restoran yang lebih baru dan diubahsuai akan mempunyai logo baru dan nama sementara kedai-kedai yang lebih tua akan terus menggunakan signage tahun 1991. Selain itu, syarikat terus menggunakan singkatan KFC dengan bebas dalam iklan. Syarikat antarabangsa masih dikenali sebagai KFC.

Pada tahun 2006, KFC mendakwa telah membuat logo pertama yang terlihat dari luar angkasa, meskipun Readymix telah mempunyai satu sejak tahun 1965. KFC mengatakan "Itu menandakan debut rasmi besar-besaran ulang gambar global kempen yang akan kontemporasi 14.000 + restoran KFC di lebih dari 80 negara selama beberapa tahun akan datang." Logo ini dibina dari 65.000 kotak berukuran satu kaki persegi, dan butuh enam hari di lokasi untuk membina pada awal November. Logo diukur memecahkan rekod 87.500 kaki persegi (8,129.0 m²), dan ditempatkan di Gurun Mojave di dekat Rachel, Nevada.


2.2 Pelayanan Restoran KFC
Bisnis restoran di Indonesia kini semakin menjamur. Berkembangnya bisnis ini, khususnya restoran-restoran waralaba ini membuat tingkat persaingan antar mereka menjadi semakin ketat. Persaingan ini disebabkan oleh adanya kemajuan zaman dan perkembangan teknologi yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk kebutuhan akan makan dan minum.
Persaingan di bisnis restoran yang semakin ketat, mau tidak mau memaksa manajemen restoran untuk merancang strategi baru sehingga restoran bisa meraup sebanyak mungkin pelanggan setia. Saat ini restoran-restoran waralaba saling berlomba-lomba untuk memberikan produk dan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya.Berbagai menu baik makanan maupun minuman disediakan untuk memanjakan perut para pelanggannya.
Oleh karena itu, penulis merasa perlu untuk mengetahui seberapa besar upaya yang dilakukan manajemen restoran waralaba tersebut, dalam hal ini khususnya restoran kfc.
Hasil observasi penulis terhadap restoran KFC memperlihatkan bahwa semua karyawan dan karyawati yang bekerja di restoran KFC ini berusaha keras memberikan pelayanan yang terbaik dengan menyediakan produk makanan dan minuman yang bercita rasa istimewa kepada pelanggannya.
Meski restoran baru buka pukul 08.00 wib, namun sejak pukul 07.00 pagi mereka sudah datang untuk memulai pekerjaannya. Jam kerja karyawan dibagi dalam dua giliran (shift), yakni shift pagi dan shift siang dalam satu pekan. Shift pagi mulai pukul 07.00 wib sampai 16.00 wib dan shift siang pukul 14.00 wib hingga pukul 22.00 wib.
Pelayanan yang ramah dan hangat dirasakan langsung oleh penulis ketika mengunjungi KFC tersebut. Dengan senyum ramah seorang karyawan restoran KFC yang bertugas sebagai kasir menyapa penulis seraya menanyakan jenis makanan dan minuman yang akan dibeli oleh penulis. Karyawan tersebut juga menawarkan sejumlah paket menu yang ada di restoran ini kepada penulis.Produk makanan dan minuman yang disajikan juga disesuaikan dengan selera maupun kebutuhan pelanggan. Setiap periode tertentu manajemen restoran melakukan riset pasar tentang makanan dan minuman apa saja yang paling disukai, berapa kali membeli makanan tersebut, dimana jika hendak beli makanan itu dan informasi lain yang berkaitan dengan selera konsumen.
Sebagai restoran cepat saji, restoran KFC memiliki kekhasan berupa menu minuman pepsi yang tidak ditemukan di restoran fast food lain. Disamping itu, cita rasa masakan yang istimewa ini adalah hasil racikan resep orisinal negara asal restoran tersebut, yakni Amerika Serikat (AS).
Harga makanan dan minuman yang ditawarkan restoran KFC sangat beragam namun tetap terjangkau oleh pelanggannya. Untuk menarik pelanggan yang lebih banyak, perusahaan juga menawarkan sejumlah paket makanan dan minuman dengan harga yang menarik dan juga paket gratis.
Paket super mantap dengan membeli satu ayam,nasi dan minuman dengan harga yang murah ditambah pajak 10%, selain itu ada juga paket super besar dengan membeli 2 ayam,1nasi,1 minuman dengan harga murah.selain itu di KFC juga mempunyai makanan atau minuman dengan harga murah yaitu 5000.






Gambar 1.4. Paket super besar di KFC

Salah satu menu yang menjadi favorit pelanggan di restoran KFC adalah menu paket goceng yaitu mocca floatr,cream sop,

Gambar 1.5.mocca float di KFC

Untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggannya saat bersantap di restoran ini, desain dan interior ruangan restoran KFC ditata sedemikian rupa sehingga pelanggan merasa betah dan nyaman.Desain dan interior ruangan dirancang dengan mengambil gaya minimalis modern. Hal itu terlihat dari pemanfaatan ruangan, peletakan sejumlah kursi dan meja yang akan digunakan pelanggan untuk bersantap serta lukisan yang dipajang di dinding. Pasalnya, manajemen restoran memang sangat mengutamakan kenyamanan kepada pelanggannya.


Gambar 1.6. Desain dan interior ruangan di restoran KFC
Di harapan indah bekasi


BAB 3

KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA

3.1 Kesimpulan

Dari hasil observasi yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa prospek bisnis restoran, khususnya restoran KFC akan selalu cerah karena setiap hari semua manusia pasti memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya.

Pelayanan yang diberikan petugas di restoran KFC diharapan indah bekasi, cukup baik dan ramah. Makanan yang disajikan bercita rasa istimewa (enak) dengan harga jual yang terjangkau. Ruangan di dalam restoran KFC juga nyaman dan asik.

3.2 Saran
Agar menarik lebih banyak pelanggan, restoran KFC sebaiknya lebih banyak lagi membuat paket gratis.Menu makanan yang disajikan juga sebaiknya ditambah jenisnya agar lebih bervariasi.
Manajemen KFC kiranya perlu melakukan riset dan pengembangan produk secara terus-menerus, agar makanan dan minuman di restoran ini tetap disukai pelanggannya.
Mengantisipasi era internet yang serba online, ada baiknya manajemen KFC menyediakan fasilitis hotspot gratis di dalam restoran KFC, agar pelanggan dapat mengakses internet dengan mudah dan cepat.

3.3 Daftar Pustaka
http://tabekpuang.blogspot.com/2012/03/sejarah-awal-kfc-dan-rahsiah-di-sebalik.html



1 komentar:

  1. Can you describe the dynamics of the competitive two-party democracy between centre-right conservatives and centre-left socialists led by Navaz Sharif and Benazir Bhutto, respectively? regard Telkom University

    BalasHapus