Tulisan
1
Judul
:Restoran
KFC diharapan indah
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1LATAR BELAKANG
Jaman sekarang sekarang ini,
bisnis restoran tergolong usaha yang menarik dan menguntungkan,setiap
hari semua manusia pasti memerlukan makanan dan minuman untuk
kelangsungan hidupnya. Karena itulah prospek bisnis restoran akan
selalu cerah.
Supaya sebuah restoran maju
dan berkembang maka restoran tersebut harus mampu membujuk
pelanggannya di segmen tertentu atau segmen khusus. Harian Bisnis
Indonesia mencatat, omzet bisnis restoran dengan segmen khusus tetap
tumbuh 10-30% per bulan meski masyarakat belakangan ini berhati-hati
membelanjakan rupiahnya sebagai dampak dari krisis global.
Beberapa pebisnis restoran berani
menyebutkan bahwa laba bisnis ini sangat besar, bisa mencapai 150%
atau lebih. Tentunya laba sebesar itu hanya berlaku bagi
restoran-restoran yang sudah berhasil menjaring konsumen untuk
menjadi pelanggan restoran tersebut dalam jumlah yang besar .
Hal itulah yang membuat usaha di
bidang makanan dan minuman ini menjadi salah satu bisnis terfavorit
dibanding sektor usaha lainnya, sehingga bisnis ini banyak dilakukan
oleh orang-orang yang ingin mencoba peruntungannya di bisnis
tersebut.
Ada yang membuka restoran dengan
menggunakan merk atau nama dagang sendiri ada pula yang membeli merk
restoran yang sudah terkenal dengan sistem waralaba (franchaise).
BAB 2
ISI
2.1
Sejarah dan Perkembangan Restoran KFC
KFC
(dulu
dikenal dengan nama Kentucky
Fried Chicken)
adalah suatu waralaba
dari Yum!
Brands, Inc.,
yang bermarkas di Louisville,
Kentucky,
merek
dagang.
Didirikan oleh Col.
Harland
Sanders,
KFC dikenal terutama karena ayam
gorengnya,
yang biasa disajikan dalam bucket.
Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di
pom bensin miliknya pada tahun 1939
di Corbin,
Kentucky
yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada
akhir 1940-an
sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an,
ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman
di Salt
Lake City, Utah,
dan pada tahun 1952
bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama
di dunia (restoran pertamanya tidak menggunakan nama tersebut).
Sanders menjual seluruh waralaba KFC pada tahun 1964
senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah dijual kembali sebanyak tiga
kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo,
yang menggabungkannya ke dalam divisi perusahaan Tricon Global
Restaurants yang sekarang dikenal sebagai Yum!
Brands,
Inc.
Pada tahun 1997,
Tricon terpisah dari PepsiCo.Di Indonesia, pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk (IDX: FAST) yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta.
tokoh Colonel
Harland Sander yang mendirikan kfc
Dalam
perkembangannya,Restoran KFC mengalami beberapa kali perubahan, baik
perubahan kepemilikan perusahaan.
The Secret Recipe
Selama bertahun-tahun, Kolonel Harland
Sanders membawa formula rahsia untuk Kentucky Fried Chicken di
kepalanya dan campuran rempah-rempah di dalam kereta. Hari ini, resep
dikunci jauh di tempat yang selamat di Louisville, Kentucky. Hanya
segelintir orang yang tahu, dan masing-masing bertanggungjawab untuk
kerahsiaan ketat oleh kontrak.
Kolonel mengembangkan rumus kembali di
tahun 1930-an ketika ia mengoperasikan Pengadilan Sanders & Cafe
restoran dan motel di Corbin, Kentucky. Sana, perpaduan dari 11 bumbu
dan rempah-rempah yang pertama kali dikembangkan pelanggan setia.
"Pada masa itu, aku mencampur
dengan tangan rempah-rempah seperti pencampuran semen pada lantai
beton yg dibersihkan khusus di beranda belakang di Corbin,"
kenang Kolonel. "Aku menggunakan sendok untuk membuat terowongan
dalam tepung dan kemudian dicampur dengan hati-hati dalam bumbu dan
rempah-rempah."
Gambar 1.2.formula pertama kfc
Gambar 1.3 logo kfc pertama kali
Pada
April 2007, KFC melancarkan logo mereka ketika ini di mana Kolonel
mengeluarkan kot putih untuk tukang masak merah apron. Logo baru
termasuk warna lebih berani dan lebih baik ditakrifkan wajah almarhum
pengasas Kentucky Fried Chicken, yang akan menjaga tali leher
kupu-kupu hitam klasik, cermin mata dan janggut. Logo berubah hanya
untuk keempat kalinya dalam 50 tahun, dan untuk pertama kalinya dalam
hampir satu dekad. Kolonel yang tersenyum adalah ciri terhadap latar
belakang merah yang berpadanan dengan apron merahnya, dengan nama
jenama KFC di huruf tebal hitam di bawah dagu.
Syarikat
juga mula menggunakan sebutan asalnya Kentucky Fried Chicken lagi
untuk bungkusan, signage, dan iklan di Amerika Syarikat sebagai
sebahagian daripada program branding-semula syarikat; restoran yang
lebih baru dan diubahsuai akan mempunyai logo baru dan nama sementara
kedai-kedai yang lebih tua akan terus menggunakan signage tahun 1991.
Selain itu, syarikat terus menggunakan singkatan KFC dengan bebas
dalam iklan. Syarikat antarabangsa masih dikenali sebagai KFC.
Pada
tahun 2006, KFC mendakwa telah membuat logo pertama yang terlihat
dari luar angkasa, meskipun Readymix telah mempunyai satu sejak tahun
1965. KFC mengatakan "Itu menandakan debut rasmi besar-besaran
ulang gambar global kempen yang akan kontemporasi 14.000 + restoran
KFC di lebih dari 80 negara selama beberapa tahun akan datang."
Logo ini dibina dari 65.000 kotak berukuran satu kaki persegi, dan
butuh enam hari di lokasi untuk membina pada awal November. Logo
diukur memecahkan rekod 87.500 kaki persegi (8,129.0 m²), dan
ditempatkan di Gurun Mojave di dekat Rachel, Nevada.
2.2 Pelayanan Restoran KFC
Bisnis restoran di Indonesia kini
semakin menjamur. Berkembangnya bisnis ini, khususnya
restoran-restoran waralaba ini membuat tingkat persaingan antar
mereka menjadi semakin ketat. Persaingan ini disebabkan oleh adanya
kemajuan zaman dan perkembangan teknologi yang pada akhirnya
mempengaruhi perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,
termasuk kebutuhan akan makan dan minum.
Persaingan di
bisnis restoran yang semakin ketat, mau tidak mau memaksa manajemen
restoran untuk merancang strategi baru sehingga restoran bisa meraup
sebanyak mungkin pelanggan setia. Saat ini restoran-restoran waralaba
saling berlomba-lomba untuk memberikan produk dan pelayanan yang
terbaik kepada para pelanggannya.Berbagai
menu baik makanan maupun minuman disediakan untuk memanjakan perut
para pelanggannya.
Oleh karena itu, penulis
merasa perlu untuk mengetahui seberapa besar upaya yang dilakukan
manajemen restoran waralaba tersebut, dalam hal ini khususnya
restoran kfc.
Hasil observasi penulis terhadap
restoran KFC memperlihatkan bahwa semua karyawan dan karyawati yang
bekerja di restoran KFC ini berusaha keras memberikan pelayanan yang
terbaik dengan menyediakan produk makanan dan minuman yang bercita
rasa istimewa kepada pelanggannya.
Meski
restoran baru buka pukul 08.00 wib, namun sejak pukul 07.00 pagi
mereka sudah datang untuk memulai pekerjaannya. Jam kerja karyawan
dibagi dalam dua giliran (shift), yakni shift pagi dan shift siang
dalam satu pekan. Shift pagi mulai pukul 07.00 wib sampai 16.00 wib
dan shift siang pukul 14.00 wib hingga pukul 22.00 wib.
Pelayanan yang
ramah dan hangat dirasakan langsung oleh penulis ketika mengunjungi
KFC tersebut. Dengan senyum ramah seorang karyawan restoran KFC yang
bertugas sebagai kasir menyapa penulis seraya menanyakan jenis
makanan dan minuman yang akan dibeli oleh penulis. Karyawan tersebut
juga menawarkan sejumlah paket menu yang ada di restoran ini kepada
penulis.Produk makanan dan minuman yang
disajikan juga disesuaikan dengan selera maupun kebutuhan pelanggan.
Setiap periode tertentu manajemen restoran melakukan riset pasar
tentang makanan dan minuman apa saja yang paling disukai, berapa kali
membeli makanan tersebut, dimana jika hendak beli makanan itu dan
informasi lain yang berkaitan dengan selera konsumen.
Sebagai restoran cepat saji,
restoran KFC memiliki kekhasan berupa menu minuman pepsi yang tidak
ditemukan di restoran fast food lain. Disamping itu, cita rasa
masakan yang istimewa ini adalah hasil racikan resep orisinal negara
asal restoran tersebut, yakni Amerika Serikat (AS).
Harga makanan dan minuman yang
ditawarkan restoran KFC sangat beragam namun tetap terjangkau oleh
pelanggannya. Untuk menarik pelanggan yang lebih banyak, perusahaan
juga menawarkan sejumlah paket makanan dan minuman dengan harga yang
menarik dan juga paket gratis.
Paket super mantap dengan membeli
satu ayam,nasi dan minuman dengan harga yang murah ditambah pajak
10%, selain itu ada juga paket super besar dengan membeli 2
ayam,1nasi,1 minuman dengan harga murah.selain itu di KFC juga
mempunyai makanan atau minuman dengan harga murah yaitu 5000.
Gambar 1.4. Paket super besar
di KFC
Salah satu menu yang menjadi favorit pelanggan di restoran KFC adalah
menu paket goceng yaitu mocca floatr,cream sop,
Gambar
1.5.mocca float di KFC
Untuk
memberikan kenyamanan kepada para pelanggannya saat bersantap di
restoran ini, desain dan interior ruangan restoran KFC ditata
sedemikian rupa sehingga pelanggan merasa betah dan nyaman.Desain
dan interior ruangan dirancang dengan mengambil gaya minimalis
modern. Hal itu terlihat dari pemanfaatan ruangan, peletakan sejumlah
kursi dan meja yang akan digunakan pelanggan untuk bersantap serta
lukisan yang dipajang di dinding. Pasalnya, manajemen restoran memang
sangat mengutamakan kenyamanan kepada pelanggannya.
Gambar
1.6. Desain dan interior ruangan di restoran KFC
Di harapan indah bekasi
BAB 3
KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR
PUSTAKA
3.1
Kesimpulan
Dari hasil observasi yang
dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa prospek bisnis restoran,
khususnya restoran KFC akan selalu cerah karena setiap hari semua
manusia pasti memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan
hidupnya.
Pelayanan yang diberikan petugas
di restoran KFC diharapan indah bekasi, cukup baik dan ramah. Makanan
yang disajikan bercita rasa istimewa (enak) dengan harga jual yang
terjangkau. Ruangan di dalam restoran KFC juga nyaman dan asik.
3.2
Saran
Agar menarik
lebih banyak pelanggan, restoran KFC sebaiknya lebih banyak lagi
membuat paket gratis.Menu makanan yang disajikan juga sebaiknya
ditambah jenisnya agar lebih bervariasi.
Manajemen KFC kiranya perlu
melakukan riset dan pengembangan produk secara terus-menerus, agar
makanan dan minuman di restoran ini tetap disukai pelanggannya.
Mengantisipasi
era internet yang serba online, ada baiknya manajemen KFC menyediakan
fasilitis hotspot gratis
di dalam restoran KFC, agar pelanggan dapat mengakses internet dengan
mudah dan cepat.
3.3 Daftar Pustaka
http://tabekpuang.blogspot.com/2012/03/sejarah-awal-kfc-dan-rahsiah-di-sebalik.html

Can you describe the dynamics of the competitive two-party democracy between centre-right conservatives and centre-left socialists led by Navaz Sharif and Benazir Bhutto, respectively? regard Telkom University
BalasHapus